Langit yang dihiasi beraneka macam layang-layang. Kali ini Si Tikuz dan teman-teman satu sarangnya keluyuran ke Festival Layang-layang...

Ada Kite Surfing dan "Salju" di Festival Layang-layang Surabaya

Langit yang dihiasi beraneka macam layang-layang.


Kali ini Si Tikuz dan teman-teman satu sarangnya keluyuran ke Festival Layang-layang Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Surabaya yang berlangsung di Kenjeran Park (Kenpark), Minggu 9 September 2012. Acara itu terselenggara berkat kerja sama Disparta dengan Persatuan Layang-layang Surabaya (Perlabaya). Acara tahunan itu memang dihelat untuk memperbesar minat masyarakat surabaya terhadap layang-layang. Dengan demikian, budaya bermain layang-layang yang dilakukan oleh nenek moyang tidak hilang di tengah hiruk pikuk kota metropolitan.

Disini anda yang datang bisa menikmati ragam layang-layang hias aneka bentuk. Mulai dari, layangan ikan koi, tokoh pewayangan, naga dan nemo. Bahkan ada layangan gerobak soto, tapi sayang saya datang terlambat, jadi layangan itu sudah diturunin. Total ada 50an layang-layang dari 19 komunitas layang-layang.

Melihat layang-layang koi
Mengenal Kite Surfing

Kog ngerasa bosen ya, datang terus cuma duduk-duduk sambil melihat layang-layang. Apalagi hembusan angin Kenpark yang panas terkena wajah tambah membuat bosan. Mau beli layang-layang tanya harganya eh kog tidak terjangkau. Hehehe. Alhasil muncul ide untuk memanfaatkan salah satu layangan berbentuk aneh yang tergeletak ga dipakai. Clingak-clinguk cari siapa kira-kira pemilik layangannya. Akhirnya nemu, minta ijin sebentar dan dibolehkan. Bahkan, kita juga diajari teknik-tekninya.

Kite nya siap diterbangin.










Kite surfing ternyata olahraga yang dilombakan. Dari keterangan Mas penggiat kite surfing dari Museum Layang-layang Indonesia menjelaskan kalau kite surfing di Indonesia sudah mengadakan lomba, tapi itu masih terbatas di Bali. Dinamakan kite surfing karena peselancar atau surfer tidak hanya memakai papan surfing, tapi juga membawa sejenis layang-layang untuk melakukan atraksi di udara. Nah, yang aku dan teman-temanku coba adalah kitenya saja, tanpa surfing (karena kita semua ga bisa surfing an takut tenggelem).

Tenyata susah juga nerbangin kite surfing. Perlu kejelian untuk mengetahui arah angin. Paling penting harus menguasai teknik-teknik dan posisi tangan seperti posisi power untuk menaikkan layang pertama kali. Yang terpenting adalah menjaga keseimbangan. Kalau kite nya bergerak ke kanan, cara menstabilkannya tangan kiri ditarik.
Diajari sama penggiat olah raga kite surfing dari Museum Layang-layang Indonesia.
Ekspresi temen-temenku yang kegirangan.





Well, sampai jumpa di Festival Layang-layang Surabaya berikutnya yang gosipnya akan pindah lokasi tidak di Kenpark lagi. Beberapa tempat yang sudah disurvey antara lain kampus ITS dan Laguna. Semoga lebih menarik lagi. Kuz9

Akhirnya terbang juga.

Ternyata ada suasana winter di Kenjeran.


4 komentar:

  1. karena ada foto ku, blog ini terlihat sangat bagus... :p

    BalasHapus
  2. ahaha absurd alasanmu. follow dong pho...

    BalasHapus
  3. Itu beneran salju di Kanjeran???, penasaran :D.

    BalasHapus
  4. ia mbak salju jowo alias batu kapur. aki ngeliatnya kayak suasana winter. tempatnya deket pintu masuk pecinan kenpark

    BalasHapus