Kapal Gili Iyang sandar di dermaga baru Pulau Bawean.  Bawean, Bagi saya adalah pulau dengan segudang potensi wisata serba ada. Mulai da...

Puas Traveling ke Bawean Dengan Motor Pribadi

Kapal Gili Iyang sandar di dermaga baru Pulau Bawean. 
Bawean, Bagi saya adalah pulau dengan segudang potensi wisata serba ada. Mulai dari gunung, danau, pantai pasir putih, air terjun, sampai air panas pun ada disana. Letak bawean juga bisa dibilang cukup strategis untuk jadi primadona traveling baru. Karena, tidak jauh dari ibukota Jawa Timur, Surabaya.
Bawean yang berjuluk Pulau Putri masuk wilayah Kabupatèn Gresik. Dari Surabaya hanya perlu berkendara sekitar 45 menit. Baru untuk menyeberang ke pulau dengan kontur berbukit-bukit itu perlu menggunakan kapal dari pelabuhan Gresik. Ada dua pilihan kapal. Mau yang cepat atau lama sampai. Yaitu kapal cepat ekspress bahari milik swasta, atau kapal ASDP Gili Iyang subsidi pemerintah.

Bagi traveler kere alias kismin (miskin) seperti saya ini pilihan yang tepat tentu yang murah. Namun, alasan yang lebih penting, Kapal Motor Penumpang (KMP) Gili Iyang adalah kapal Jenis ro-ro yang bisa mengangkut kendaraan bermotor. Sehingga saya bisa puas traveling ala touring dengan motor pribadi. Dengan begitu bisa menghemat uang daripada harus menyewa motor disana. Selain itu,  juga bisa hemat Pengeluaran bensin. Tinggal isi full tank, motor sudah bisa dibuat keliling Bawean. Maklum, harga seliter bensin di Bawean Rp 8 ribu. Itu karena tidak ada SPBU Pertamina disana. Yang ada hanya Pertamini alias eceran.

Memang, kendaraan paling oke buat eksplor Bawean adalah dengan motor. Disana tidak ada kendaraan umum yang ready 24 jam. Yang ada hanya mobil Mitsubishi Colt yang oleh penduduk lokal disebut 'Kol'. Itu pun hanya semacam angkutan antar jemput untuk emak-emak berbelanja ke pasar. Alasan lainnya,  lokasi objek wisata di bawean sebagian besar tidak nyaman ditelusuri menggunakan mobil. Sebab, disana jalan desa kebanyakan sempit-sempit.

Kapal Gili Iyang berangkat dari Pelabuhan Gresik hanya seminggu sekali. Yaitu pada jam 21.00 WIB tiap hari Jumat. Tiket untuk motor berbeda dengan tiket penumpang. Harganya Sedikit lebih mahal. Berikut beberapa info penting cara bawa motor ke Bawean :

- Harga tiket untuk motor dari pelabuhan Gresik Rp 93 ribu (tiket penumpang Rp 74 ribu). Sewaktu beli tunjukkan ijin bawa kendaraan dari polisi.
- Ijin bisa diurus di  Polsek Pelabuhan Gresik. Bawalah dua kopi STNK dan KTP. Siapkan uang administrasi. Kasih saja polisinya Rp 5 ribu. (Saya heran, padahal sudah ada papan pengumuman  ijin tidak perlu biaya).
- Siapkan uang Rp 40 ribu sebagai ongkos angkut motor ke dalam kapal untuk para portir. Hal ini dikarenakan pintu ro-ro Kapal Gili Iyang tidak bisa terbuka di dermaga Pelabuhan Gresik.
- Sedangkan dari Pelabuhan Bawean menuju Gresik tiket motor dijual lebih murah yaitu Rp 81 ribu. Berangkat dari sana tidak perlu ongkos portir karena pintu ro-ro bisa terbuka di dermaga barunya. Sehingga motor bisa dikendarai keluar masuk kapal.
- Kalau tidak ingin ribet dengan ongkos portir di dermaga Gresik, penyeberangan bisa dilakukan melalui Pelabuhan Paciran, Lamongan. Di sana kendaraan tinggal keluar masuk kapal.
- Total dana PP yang dibutuhkan via pelabuhan Gresik = Rp 259 ribu.

Berikut jadwal Pelayaran Kapal Gili Iyang :
Gresik - Bawean hari Jumat jam 21.00
Bawean -  Gresik hari Jumat jam 9.00
Paciran - Bawean hari Rabu jam 21.00
Bawean - Paciran hari Minggu jam 9.00

- Tiket bisa dibeli pada jam 11.00 - 15.00 pada hari Rabu Kamis dan Jumat.
- Pelayaran ditempuh sekitar 7 jam.
- Gili Iyang relatif tidak terpengaruh gelombang tinggi. Tidak seperti kapal cepat ekspress bahari yang sering tertunda keberangkatannya akibat gelombang setinggi 3 meter.
- Contact person pelayaran Dodot 08123176850 Zul 08123273170 wildan 08123291085

Nah semoga sekelumit info diatas bisa bermanfaat dan menepis anggapan bahwa menuju bawean itu ribet dan bikin deg deg ser. Traveling ke bawean penuh dengan destinasi berkelas internasional. Namun kebanyakan semua masih perawan. Kuz9

Bersambung....

14 komentar:

  1. Kang... kalo mau pesen tiketnya yang murah dimana...????

    BalasHapus
  2. Wah, sama nih kayak itinerary ane punya!
    Cuma beda bberapa bulan perjalanan kita, gan..
    http://makanangin-travel.blogspot.com/2014/09/tips-and-travel-itinerary-to-bawean.html

    "It's not just about the destination, but the journey"

    BalasHapus
  3. Kak ada pin bb atau apalah yg bisa dihubungi?
    mau tanya tanya ppulau bawean hehe

    BalasHapus
  4. Kan ada pin BBM atau WA mau tanya2 heheh

    BalasHapus
  5. Kan ada pin BBM atau WA mau tanya2 heheh

    BalasHapus
  6. kalo boleh bagi pin Bbm/WA kak......mau tanya2 tips n trik mbolang ke p.bawean

    BalasHapus
  7. Mas jadi ini kalo mau kesana ga bisa sembarang hari ya? Kan cuma hari² tertentu ada kapal nyebrang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang kapal udah sering mas. Apalagi yang kapal cepat. Kalau Gili iyang masih seminggu sekali

      Hapus
  8. Mas mobil bisa masuk kapal gili iyang kan yaa? terima kasih.

    BalasHapus