Pulau Selayar Bawean  Jauh di Tengah Laut Jawa , di seberang utara Kabupaten Gresik Jawa Timur, Pulau Bawean secara tak terduga menaw...

Pulau Selayar, Surga Kecil yang Masih Terpencil

Pulau Selayar Bawean 

Jauh di Tengah Laut Jawa , di seberang utara Kabupaten Gresik Jawa Timur, Pulau Bawean secara tak terduga menawarkan beragam  panorama  indah.  Salah satunya adalah Pulau Selayar dan Pantai Terosan yang masih perawan. 

Untuk kesana gampang-gampang susah. Lokasi Pulau Selayar tidak jauh dari pelabuhan Bawean. Perjalanan menempuh waktu sekitar 15 menit menggunakan kendaraan bermotor melalui jalur lingkar timur pulau. Usai memasuki Desa Sungai Rujing, traveler harus rajin bertanya kepada penduduk lokal. Untuk sampai kesana memang harus memasuki gang  kecil perkampungan desa. Maklum, surga kecil itu letaknya terpencil. Masih belum dikelola oleh pemerintah daerah maupun warga lokal.

Jika berhasil mengikuti jalan perkampungan warga, traveler akan sampai di Pantai Terosan yang letaknya di sebelah utara Pulau Selayar. Pantai kecil  dengan hamparan pasir putih itu serasa milik pribadi. Suasananya tenang dan masih sepi. Sebab, belum banyak pengunjung yang datang ke lokasi. Hanya penduduk lokal yang mencari kelapa. Atau anak-anak desa yang bermain di bibir pantai.

Nyiur di Pantai Terosan 
Pantai Terosan saat sore.

Waktu terbaik untuk ke sana adalah pada sore hari. Sekitar pukul tiga sampai enam sore. Pohon nyiur di sekitar pantai,  deburan ombak yang tenang serta cahaya keemasan sunset dari sebelah barat membuat pasir yang surut terlihat berkilau. Alasan lain, sore hari jadi waktu yang pas adalah saat itu merupakan jam air laut surut. Dari pantai menuju pulau selayar bisa ditempuh dengan berjalan kaki melewati pasir pantai. Tentunya apabila dalam keadaan surut total.

Pulau Selayar Bawean sendiri merupakan gunung di tengah laut. Tidak ada penghuni di pulau itu. Namun warga sekitar yang berprofesi nelayan pergi ke perairan sekitar Pulau Selayar untuk mencari tangkapan. Menurut penduduk lokal yang pernah kesana, terdapat batu bertuliskan arab bismillah. Konon, batu itu memiliki  kekuatan magis. Tidak diketahui persis sejarah batu tersebut.

Momen sunset di sebelah barat Pantai Terosan. 
Pohon kelapa saat sunset.

Sementara itu, di sebelah tenggara Pulau Selayar juga terdapat pulau kecil yang hanya berupa hamparan pasir putih, yakni Pulau Noko Selayar. Perjalanan menuju Noko Selayar dapat ditempuh sekitar 20 menit menggunakan klothok,  perahu Tradisional penduduk lokal Bawean. Perairan sekitar Noko Selayar dikelilingi taman laut berupa bunga karang dan ikan hias beraneka warna. Cocok untuk kegiatan selam dan Snorkeling.

4 komentar:

  1. Yuhuu..pulauku Bawean emang kerren.datang lagi ya ajak semua temannya:)

    BalasHapus
  2. Proud to be Gresik citizen. Mantap bos

    BalasHapus
  3. wah sippp bos salam kenal dari admin www.beritabawean.com

    BalasHapus