Salah seorang pembeli terlihat sedang mencari model tas rajut Dowa. Jika anda ngeluyur   ke Yogyakarta, tidak ada salahnya anda mamp...

Mengintip Pembuatan Tas Rajut Ekspor "Dowa"

Salah seorang pembeli terlihat sedang mencari model tas rajut Dowa.


Jika anda ngeluyur  ke Yogyakarta, tidak ada salahnya anda mampir ke showroom tas rajut berlabel Dowa yang terletak di Jalan Godean km 7 Sidomoyo, Yogyakarta. Nama Dowa sendiri diambil dari bahasa sansekerta bermakna doa. Nama itu pun akhirnya sukses mengantarkan pemiliknya Delia Murwihartini menembus pasar mancanegara.

Delia memulai bisnis pembuatan tas dengan bahan pembuatnya didonimasi oleh benang rajut itu di tahun 1989. Menyadari tas rajut buatannya memiliki keunikan, ia mencoba peruntungan dengan memasuki pasar internasional.

Mujur memang, kegigihannya menembus pasar global membuat produk tas rajutnya dilirik oleh konsumen di luar negeri. Di Amerika, hasil karya pengrajin tas Dowa dipatenkan dengan merek The Sak. Sementara di Eropa tas rajut yang berpabrik di Sleman dan Kawasan Parangtritis ini tenar dengan merek The Read's. Dowa juga pernah masuk liputan Kick Andy episode "Karya Anak Bangsa di Pasar Dunia" Jumat, 12 Oktober 2012.

Karyawan Dowa serius membuat tas, sementara di belakangnya terdapat bahan baku benang rajut aneka warna.
Oia, bila anda mampir kesana sempatkanlah untuk menuju ke sudut paling belakang dari showroom. anda akan menemui karyawan Dowa yang sedang mengerjakan pembuatan tas. Siapa sangka, dari tangan-tangan merekalah tas lokal ini bisa membawa nama harum produk dalam negeri ke seantero dunia. Ternyata, tas Made in Indonesia pun tidak kalah dengan tas bermerk buatan asing. Jadi, apa anda akan bangga memakai produk dalam negeri sendiri? Kuz9

Seorang karyawan terlihat sedang memberi lem pada bagian pinggir tas. lem dibutuhkan untuk memperkuat rajutan.


Tas rajut warna-warni yang dikumpulkan di box, siap untuk dipasarkan.

11 komentar:

  1. Nanti kalo ke Yogya mau ah ke sini :) Thanks infonya ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas, kalo ga salah deket sama malioboro

      Hapus
  2. iya yak. Kita gak sadar aja biasanya kalau merk merk terkenal di dunia itu diproduksinya di Indonesia. Hanya numpang merk agar lebih dikenal aja. :)

    BalasHapus
  3. haha makanya cintai ploduk-ploduk indooonesa

    BalasHapus
  4. wiiii bagus2 ya Kuz. Mereka ga ada website ya, jauh banget kalo mau beli mesti ke Jogja, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya setau saya juga gada, mungkin cari website merk dagang luar negeri mereka (the Sak, The Reads) pasti ada kak debb.

      Hapus
  5. Silahkan juga liat koleksi tas rajut kami di FanPage FB :Aprily Rajut Nylon
    Thx for your attention :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kita mesan gimana caranya bro, yusuf 081380011103

      Hapus
  6. Balasan
    1. orang dari dowa ya? makasih sudah singgah disini

      Hapus